Visit NTT negeri seribu destinasi
Visit NTT negeri seribu destinasi

Visit NTT Negeri Seribu Destinasi By Mijar Ahmad Fattani

Diposting pada

JAKARTA (eNBe Indonesia)Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu daerah dengan jumlah destinasi wisata paling banyak di Indonesia. Tersebar di puluhan pulau dan mengakar di kebudayaan dan alam-lingkungan masyarakat.

Pariwisata NTT memang telah dikenal memiliki potensi yang sangat besar, baik dari sisi alam maupun budayanya. Hingga membawa NTT menjadi destinasi unggulan yang digadang-gadang bisa menyaingi tujuan wisata lainnya di lingkup global.

Labuan Bajo barangkali menjadi primadona pariwisata di NTT. Kawasan wisata ini sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo menjadi pariwisata super premium.

Di kawasan konservasi itu, wisatawan bisa melihat langsung repril purba, yakni komodo, yang bermukim secara liar di habitatnya. Komodo telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada 2011.

Di seantero daerah, muncul juga destinasi wisata yang menopang eksotisme dan keindahan Labuan Bajo. Bahkan, jauh sebelum Labuan Bajo muncul, wisata Danau Kelimutu, Taman 17 Pulau Riung, Kampung Adat Bena, Nihiwatu, dan lain-lain telah memikat turis asing ke bumi Flobamora.

Di Kabupaten Ende anda bisa menemukan Danau Tiga Warna ( Danau Kelimutu ) dalam Masyarakat setempat menyebutkan sebagai danau keramat khusus nya untuk masyarakat suku LIO. ada Juga situs bersejarah seperti Situs Bung Karno Presiden Pertama Republik Indonesia dimana ada Rumah Pembuangan / Pengasingan selama IR Soekarno menetap di Kota Ende dan juga Tempat Renungan Pancasila yang menurut sebagian masyarakat adalah dasar ideologi untuk menemukan 5 dasar butir pancasila yang terletak di utara lapangan pancasila tepatnya di jalan ir soekarno dan cuma beberapa meter dari pelabuhan Bung Karno Ende

Salah satu destinasi yang telah memiliki daya tarik alam yang luar biasa adalah Pulau Sumba.

Visit NTT Negeri Seribu Destinasi By Mijar Ahmad Fattani
keindahan Nihiwatu di Pulau Sumba. Foto: Aquabumps.

Lebih dikenal oleh penduduk setempat dengan nama Humba, pulau ini telah menjadi tempat bernaungnya ratusan hektar padang savana raksasa dan laut yang jernih.

Karena kecantikannya, Sumba telah beberapa kali diangkat ke film layar lebar terbaik Indonesia. Pendekar Tongkat Emas (2014), Marlina Si Pembunuh 4 Babak (2017), Susah Sinyal (2017), dan Humba Dreams (2018), memotret keindahan savana Sumba.

Pemerintah Provinsi NTT terus merawat destinasi wisata yang telah ada sekaligus menggali kekayaan baru untuk mempercantik dan menobatkan NTT sebagai” negeri seribu destinasi” wisata.

Istilah ini cukup baru digunakan, namun bisa menjadi acuan kebanggan bagi masyarakat NTT. Hendaknya kekayaan seni, budaya, alam, dan kearifan lokal memberi nilai tambah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Kemarin, Pemprov NTT mengadakan webinar travel bertajuk “Excotic of East Nusa Tenggara”.

Diskusi ini digelar secara virtual dan diikuti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Zet Sony Libing, serta Staf Khusus Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi NTT Daniel Kameo.

Diskusi ini salah satunya mengupas tuntas potensi wisata di Nusa Tenggara Timur.

Salah satu yang menjadi fokus pemerintah saat ini adalah mempersiapkan penataan wisata berbasis alam dan komunitas sebagai persiapan untuk menyambut wisatawan pasca-pandemi COVID-19.

Namun yang penting juga dipersiapkan di masa depan, tidak hanya membangun infrastruktur, tapi juga aksesibilitas, konektivitas, hingga sanitas dan hospitalitas.*

Konten ini telah di terbitkan sebelumnya oleh Enbe Indonesia dengan Judul NTT Negeri seribu destinasi

terima kasih telah mengangkat NTT dari segi pariwisata. saya Mijar Ahmad Fattani sebagai Masyarakat Asli Kota Ende sangat bangga dengan Nusa Tenggara Timur. dan di NTT tidak hanya Wisata Labuan Bajo, Sumba dan Ende tapi masih banyak lagi wisata yang patut di angkat ke permukaan seperti berburu paus di larantuka, wisata bahari di alor, pantai lasianan di Kupang, wisata perbatasan di Belu, wisata air panas di Soa Bajawa, Wisata Gereja di Ruteng, Wisata taman seribu pulau di riung nagekeo, wisata pantai paga sikka, dan masih banyak lagi lainnya. So, Visit NTT Today

 101 view

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *