Jerawat punggung memang bisa mengganggu penampilan dan kenyamanan seseorang. Munculnya jerawat tak peduli dimanapun tempatnya memang bisa menjadi sebuah masalah. Kondisi ini bisa memengaruhi bagian tubuhmu yang memiliki kelenjar penghasil minyak. 

Selain muncul di wajah, namun permasalah jerawat yang kerap dikeluhkan kaum wanita juga terdapat di bagian lainnya seperti punggung. Meskipun tak berbahaya, namun berbagai cara menghilangkan jerawat punggung bisa kamu coba agar kulit bisa kembali sehat. 

Jerawat di punggung biasanya disebabkan oleh banyak faktor antara lain kotoran yang menumpuk, produksi minyak berlebih, dan penumpukan sel kulit mati pada pori – pori kulit. Melansir American Academy of Dermatology, salah satu penyebab munculnya jerawat punggung adalah akibat mengonsumsi karbohidrat tertentu. Karbohidrat sendiri bisa menyebabkan gula darah naik dan berkontribusi menimbulkan jerawat. 

Penyebab Jerawat di Punggung

Bagi sebagian orang, berbagai produk berbahan utama susu pun bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat punggung. Meski membutuhkan perawatan medis, namun kamu juga bisa melengkapinya dengan pengobatan rumahan tertentu. 

Untuk informasi selengkapnya mengenai penyebab timbulnya jerawat punggung secara umum, simak ulasan berikut ini !

Riwayat Keluarga Dengan Keluhan Jerawat Di Punggung Juga

Penyebab timbulnya jerawat punggung yang pertama adalah karena riwayat keluarga dengan masalah serupa. Seseorang akan lebih mungkin mengembangkan jerawat punggung jika memiliki riwayat keluarga dengan keluhan jerawat di punggung juga. 

Gesekan Kulit Yang Berkeringat Dengan Benda

Penyebab kedua muncunya jerawat di punggung adalah akibat gesekan antara kulit dengan kemeja, ransel, peralatan olahraga, dan pakaian lainnya. Kondisi kulit yang berkeringat bisa mengakibatkan atau memperburuk jerawat di punggung jika bergesekan dengan benda. Hal ini patut diwaspadai. 

Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab lain munculnya jerawat di punggung adalah akibat ketidakseimbangan hormon. Wanita hamil dan remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan menjadi dewasa atau pubertas lebih mungkin mengalami jerawat di punggung karena kadar hormon berubah. 

Konsumsi Obat – Obatan Tertentu

Penyebab munculnya jerawat punggung selanjutnya adalah karena mengkonsumsi obat – obatan tertentu. Lantas, obat apa yang menjadi penyebab jerawat punggung?

Melansir dari British Medical Journal, obat tertentu yang menjadi penyebab munculnya jerawat punggung atau memperburuknya adalah kortikosteroid. 

Memiliki Yang Kebersihan Buruk

Umumnya, seseorang yang memiliki kebersihan buruk pun akan lebih rentan mengalami jerawat di punggung. Sebagai contoh, orang dengan rambut yang tidak bersih bisa mengalami jerawat saat minyak dari rambutnya bergesekan dengan punggung mereka. 

Selain itu, masih ada hal lain penyebab jerawat punggung yang bisa dipengaruhi dari kebersihan seprai, handuk, atau pakaian. Oleh karena itu, kamu perlu periksa kembali benda – benda di sekitarmu agar tidak berisiko menjadi penyebab munculnya jerawat di punggung. 

Pemakaian Produk Perawatan Kulit

Penyebab jerawat di punggung berikutnya adalah akibat pemakaian produk perawatan kulit tertentu. Dijelaskan bahwa lotion dan krim tertentu bisa mengakibatkan pori – pori tersumbat dan menjadi penyebab munculnya jerawat di punggung. 

Mengalami Stres dan Kecemasan

Stres dan kecemasan yang dialami juga menjadi faktor penyebab munculnya jerawat di punggung. Saat seseorang mengalami stress atau banyak kecemasan, tubuhnya akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak. 

Ketika kadar kortisol meningkat, maka tubuh akan membuat lebih banyak sebum dan inilah yang menjadi penyebab munculnya jerawat di punggung. 

Adanya Keringat Yang Terperangkap

Penyebab lain munculnya jerawat di punggung adalah akibat adanya keringat yang terperangkap pada pori – pori. Keringat bisa terperangkap diantara pori – pori kulit dan pakaian. Saat kondisi itu terjadi, pori – pori kulit akan tersumbat dan menjadi penyebab munculnya jerawat di punggung. Orang yang hiperhidrosis atau memiliki keringat berlebih berpeluang lebih tinggi mengalami jerawat di punggung. 

Akibat Konsumsi Makanan Tertentu

Bagi kawan cantik yang rentan alami jerawat di punggung, perlu kamu ketahui ternyata terdapat beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyebabnya. Melansir dari American Academy of Dermatology, makanan dengan kandungan indeks glikemik tinggi berisiko bisa meningkatkan gula darah sehingga makin memperburuk kondisi jerawat di tubuh. Beberapa makanan dengan kandungan indeks glikemik yang tinggi biasanya kaya akan karbohidrat seperti nasi putih, roti putih, pasta putih, dan kentang. 

Sementara itu, American Journal of Clinical Dermatology mengungkapkan bahwa sedikit sekali hasil penelitian yang menyatakan makanan manis atau makanan cepat saji bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Itulah 9 penyebab munculnya jerawat di punggung. Bagi kamu yang kerap mengalaminya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Dermies Clear Me Pimple Body Mist

Produk perawatan untuk jerawat punggung ini dilengkapi dengan kandungan Blue Lotus, Salicylic Acid 2%, Hyaluronic Acid, Niacinamide 2%, Allantoin, dan Aquaxyl. Produk ini efektif menghilangkan jerawat di tubuh, mencerahkan kulit, dan mengontrol minyak di kulit. Produk ini bisa kamu beli melalui e-commerce resmi Dermies dengan harga terjangkau Rp. 85 ribuan untuk kemasan botol spray ukuran 100 ml.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *